Berita / Akademik /
ITP Terima Kunjungan Industri SMKN 1 Lintau Buo, Perkenalkan Prodi Teknik Elektro dan Prodi D4 TRIL
Humas | 11 Mei 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid
Dalam rangka meningkatkan cakrawala pengetahuan dan wawasan, sebanyak 31 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lintau Buo jurusan Teknik  Audio Video melakukan kunjungan industri ke  Institut Teknologi Padang (ITP), Selasa (09/05). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung D kampus 1 ITP sebagai bentuk pengabdian masyarakat ITP terhadap salah satu sekolah mitra ITP. 



Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITP, Dekan Fakultas teknik ITP, Dekan Fakultas Vokasi ITP, Ketua (Program Studi) Prodi Teknik Elektro  Sarjana , Ketua Prodi D4 Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik (TRIL),  para dosen Prodi Teknik Elektro Sarjana dan Prodi D4 TRIL dan jajaran perwakilan dari SMKN 1 Lintau Buo, acara dipandu oleh Anna Syahrani, M.Eng selaku Kepala Biro Humas, Kerja sama, dan Promosi ITP. 

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITP, Firmansyah David, Ph.D menyambut baik kedatangan Kepala Sekolah, para guru dan siswa jurusan Teknik Audio Video SMKN 1 Lintau Buo. Menurutnya, sekolah dan perguruan tinggi memang sudah seharusnya bersinergi dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui berbagai kegiatan. 

“Kami menyambut baik kegiatan ini, karena SMKN 1 Lintau Buo bukanlah sekolah yang asing bagi kami. Sekolah ini sudah menjadi mitra ITP sejak lama, sehingga kegiatan serupa juga bukan kali pertama. Semoga kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan informasi baru siswa dan para guru SMKN 1 Lintau Buo ,” kata Firmasyah David. 

Harapannya akan banyak lagi program dan kegiatan-kegiatan yang bisa kita lakukan bersama. Karena selama dua tahun terakhir ITP telah dipercaya sebagai pendamping ITP, dan ITP sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi sesuai dengan program ITP yang dirancang untuk menciptakan lulusan yang dengan industri dan masyarakat. 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian ucapan terima kasih dari Elfiardi, S.Pd selaku Wakil Kesiswaan bidang sarana dan prasarana SMKN 1 Lintau Buo. Ia mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kesediaan ITP menfasilitasi kunjungan industri SMKN 1 Lintau Buo. 

“Tujuan dari kunjungan industri ini adalah untuk mengenalkan kepada siswa bagamana bekerja di lapangan dan memberikan siswa cakrawala baru tentang pendidikan di perguruan tinggi. Serta menjalin silaturahmi dengan ITP yang telah memiliki relasi yang begitu dekat dengan dekan kami,” ucap ia. 

Ia juga menjelaskan kunjungan industri ini juga kelanjutan dari pengabdian masyarakat yang dilaksanakan ITP. Pengabdian masyarakat oleh ITP memberikan kesan yang baik bagi SMKN 1 Lintau Buo, dimana modul yang diberikan oleh ITP sangat bermanfaat dalam menunjang proses belajar mengajar. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Prodi oleh Ketua Prodi Teknik Elektro  ITP, Andi Muhammad Nur Putra, M.T menyebutkan kegiatan kunjungan industri ini bertujuan menambah pengetahuan dan wawasan kepada para guru dan siswa terkait pengenalan Prodi Teknik Elektro Sarjana dan prodi D4 TRIL. 



“kegiatan pembelajaran Prodi Teknik Elektro Sarjana dilaksanakan  di kampus 1 ITP, yang memilki fokus pada pengembangan ilmu teknik elektro khususnya pada arus kuatan meliputi pengembangan sistem penangkal listrik seperti listrik yang dihasilkan dari pusat pembangkit, kemudian disalurkan kepusat-pusat beban yang ada di masyarakat baik beban perumahan, beban industri, maupun beban lainnya ,” papar Andi. 

Ia juga menerangkan teknik elektro ini fokus pada bagaimana mengembangan ilmu tentang listrik itu seperti apa dihasilkan baik dari energi terbarukan, maupun dari non renewable energy. Saat ini pemerintah fokus mengembangkan energy terbarukan selaras dengan itu, teknik elektro itp juga berinovasi dalam riset penelitian terkait  pengebangan energi terbarukan, khususnya energi terbarukan dari matahari dan  gelombang laut. 

Profil lulusan teknik elektro adalah menyiapkan tenaga ahli yang terampil dalam bidang perencanaan, praktisi yang aktif dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Technopreneur dan manager yaitu wirausaha yang aktif dalam bidang elektrikal, dan akademisi dan peneliti. 

Pemaparan Prodi dilanjutkan oleh Asnal Effendi, S.T, M.T  Selaku Ketua  Prodi D4 TRIL, ia menjelaskan pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang berfokus pada praktek kerja yang dapat menunjang keahlian di bidang studi tertentu. Selain itu, program ini bertujuan mempersiapkan alumninya menjadi tenaga ahli yang siap kerja yang mampu bersaing secara global. 

Ia juga mengungkapkan Prodi D4 TRIL fokusnya adalah menghasilkan kurikulum yang adaptif terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), menghasilkan SDM yang berkarakter unggul, dan menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi, serta dapat  melakukan pengembangan penelitian yang aplikatif dan tepat guna dalam rangka pengembangan ilmu teknologi listrik. 

Ia menyampaikan harapannya lulusan Prodi D4 TRIL  mampu membuat rancangan instalasi dengan Autocad, mahasiswa dibekali dengan  materi Building Information Modelling (BIM). Materinya berkaitan dengan sistem elektrikal di bidang perkantoran dan Rumah Sakit, untuk sistem elektronika dan komunikasi perkantoran yaitu  terkait sistem alarm, sistem cctv, sistem data dan LAN. 

Prodi TRIL juga mendukung  mahasiswa dalam pengembangan diri selain dari sisi  akademik, mahasiswa diberi ruang untuk  mengembangkan minat dan bakatnya. Mahasiswa Prodi D4 TRIL telah berhasil menunjukkan bakatnya dengan meraih juara di berbagai kompetisi olah raga dan bidang kegiatan lainnya. 

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi dengan diwarnai pemberian doorprize bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan. 



Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian plakat dari ITP dan Prodi D4 TRIL, dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenang dari SMKN 1 Lintau Buo, foto bersama dan kegiatan kunjungan industri diakhiri dengan kunjungan ke labor dengan pemberian materi pengoperasian motor listrik secara semi otomatis dan otomatis oleh tim laboratorium teknik lektro ITP.



Created By Widia/Humas