Berita / Akademik /
Rektor ITP Kukuhkan 167 Wisudawan, Komitmen Cetak SDM Unggul dan Berdaya Saing di Era Digitalisasi
Humas | 30 Mei 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid
Institut Teknologi Padang (ITP) menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka wisuda angkatan ke -78 Program Sarjana dan Diploma III pada 27 Mei 2023 di Padang Convention Center Truntum Hotel. Dalam prosesi wisuda periode 1 Tahun 2023 ini ITP mewisuda sebanyak 167 lulusan yang berasal dari Fakultas Teknik dan Fakultas Vokasi. 

Acara pelaksanaan wisuda ini dihadiri oleh Pimpinan ITP, Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), Senat Akademik, Dosen dan Karyawan, Mitra ITP (DUDIKA, lembaga pendidikan, dan lembaga pemerintahan), serta para wisudawan bersama orang tua. 

Pada pelaksanaan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Barlius, MM, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kota Padang, Habibul Fuadi, SPd., M.Si, dan LLDIKTI Wilayah X diwakili oleh Tetri Aida, S.E, M.M selaku Analis SDM Aparatur Ahli Muda. 



“Selamat kepada semua lulusan yang hari ini telah berhasil menyelesaikan studi di ITP. Keberhasilan saudara hari ini menjadi bukti bahwa saudara memiliki potensi untuk memberikan perubahan dan inovasi terhadap masyarakat. Harapannya saudara dapat memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan saudara untuk turut berkontribusi nyata dalam memajukan pembangunan bangsa ,” kata Rektor pada pidato sambutannya (27/05). 

Rektor turut menyampaikan bahwa perkembangan pengetahuan dan teknologi di era digitalisasi ini mendorong setiap individu untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri. Perlu bagi setiap individu memiliki karakter unggulan meliputi kemampuan mengambil inisiatif, berpikir kritis, dan menyelesaikan masala sehingga lulusan mampu menghadapi tantangan perubahan zaman. 

Pada kesempatan tersebut rektor juga memaparkan perkembangan terbaru dari ITP yang telah berhasil selama 3 tahun berturut-turut lolos pada program hibah PKKM, yang tahun ini berhasil diraih oleh Teknik Geodesi sebesar RP 683.000.000,- . 

“Selain itu, ITP juga berhasil memperoleh penghargaan  Perguruan Tinggi dengan Capaian Klaster Utama pada Klasterisasi Kinerja Penelitian dan Pengadian Kepada Masyarakat Tahun 2023 dan penghargaan Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan Laporan Kerja Sama Terbaik, “ papar Rektor. 

Pada wisuda ITP ke-78 ini sebanyak 167 wisudawan berhasil memperoleh gelar akademik dengan rincin 160 wisudawan Program Sarjana dan 7 wisudawan Program Diploma III. Program Sarjana terdiri dari Teknik Sipil 68 Orang, Teknik Geodesi 25 Orang, Teknik Elektro 32 Orang, Teknik Mesin 23 Orang dan Teknik Informatika 12 orang. 


Dari 167 wisudawan ini, 12 orang wisudawan berhasil lulus dengan predikat Pujian, 6 orang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai wisudawan terbaik yang merupakan peraih IPK tertinggi masing-masing Prodi. Pada wisuda ITP ke-78 ini terdapat 3 orang wisudawan berhasil memperoleh penghargaan sebagai peraih IPK terbaik. 

“Terakhir dengan gelar akademik dan segenap prestasi yang telah saudara bangun di bangku perkuliahan dapat saudara jadikan bekal untuk berjuang dan berkarya di tengah-tengah masyarakat. Disamping itu, saudara dapat menjadi wajah ITP yang mengharumkan nama ITP dimasyarakat dengan menjaga integritas, etika, disiplin dan profesionalitas dalam bekerja ,“ pesan Rektor. 



Ketua Yayasan YPTP  Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya dan meraih gelar akademik di ITP. Serta ia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan orang tua yang telah memberikan kepercayaannya kepada ITP sebagai tempat menuntut ilmu bagi putra/putrinya. 

“Keberhasilan saudara semua tidak lepas dari kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak termasuk orang tua. Saudara harus mampu membuktikan kepada orang tua dengan menjadi lulusan yang berwawasan dan berkarakter sesuai dengan tuntutan dunia industri saat ini ,” terang ia. 

Menurutnya, hal ini terjadi karena didukung oleh selalu ditingkatkannya kualitas proses pembelajaran, proses pelayanan akademik serta kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran, dan yang tidak kalah pentingnya adalah semakin baiknya kualitas dosen. Demikian pula  masa studi mahasiswa yang bisa menamatkan “Tepat Waktu” semakin meningkat. 



Pada Kesempatan tersebut turut hadir Tetri Aida selaku Analis SDM Aparatur Ahli Muda LLDIKTI Wilayah X, ia menyampaikan apresiasi kepada ITP yang telah sukses dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar. 

“Apresiasi pada ITP atas prestasi yang telah diraih, ITP terus berkembang dalam peningkatan mutu dan adaptasi pada era digitalisasi ini. Harapannya ITP menjadi perguruan tinggi yang terus berinovasi, berkontribusi dalam pembangunan nasional, dan dapat mencapai visinya menjadi World Class University ,” imbuh ia. 

Ia juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya di ITP. Serta berharap agar kualitas wisudawan ITP dapat mengakselerasi aktivitas pertumbuhan zaman agar dapat menghadapi daya saing global di masa depan. 

Created By Widia/Humas