Berita / Akademik /
Website PPID ITP Hadir Lebih Inklusif dengan Fitur Ramah Disabilitas, Mudahkan Pengguna dalam Akses Informasi Publik
Humas | 04 Januari 2024
Foto : Humas ITP
Sebagai institusi pendidikan, Institut Teknologi Padang (ITP) memahami urgensi menciptakan kampus yang inklusif dan ramah terhadap kaum rentan adalah wujud perluasan akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat. Komitmen ini dibuktikan dengan hadirnya fitur ramah disabilitas pada website PPID ITP sebagai wujud implementasi pelayanan dalam ruang lingkup layanan informasi.



Rektor ITP, Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. MT., IPM menegaskan ITP berada digaris terdepan dalam upaya mengadaptasikan konsep kampus yang inklusif. Instalasi fitur ini sebagai wujud keberpihakan ITP terhadap kaum disabilitas di Indonesia. 



“ITP sudah inklusif, dengan menerima semua anak terbaik bangsa termasuk mahasiswa yang termasuk dalam kaum rentan. ITP sangat terbuka pada mahasiswa difabel, hal ini dibuktikan dengan tidak ada tindakan diskriminasi yang terjadi pada mahasiswa difabel. Seluruh elemen di lingkungan ITP memberi ruang yang sama kepada seluruh mahasiswa dalam mengakses informasi dan pendidikan ,” ungkap Rektor ITP.



Komitmen tersebut juga diperkuat dengan pelayanan informasi publik yang dilengkapi sarana dan prasarana fisik yang ramah kaum rentan, seperti tersedianya informasi prosedur layanan dan jalur khusus disabilitas.



Hal senada juga diungkapkan oleh Anna Syahrani, M.Eng selaku Kepala Biro Humas, Kerjasama, dan Promosi ITP, ia menuturkan inovasi ini adalah refleksi kerja ITP dalam rangka penyediaan fasilitas publik yang memberikan ruang bagi disabilitas berbasis digital.


“Ini merupakan wajah baru dari website PPID ITP yang kini telah dilengkapi dengan fitur ramah disabilitas yaitu responsive voice dan widget accessibility. Penambahan fitur tersebut merupakan wujud komitmen ITP dalam memenuhi aksesibilitas website untuk mendukung pelayanan informasi bagi kaum rentan disabilitas khususnya tuna netra low vision ,” terangnyaterangnya. 

Ia menjelaskan fitur Responsive voice merupakan fitur yang dapat mengonversi teks pada website menjadi suara audio secara otomatis. Cara penggunaan fitur ini yakni dengan mengarahkan kursor ke salah satu menu, sub menu, link, dan judul artikel, maka akan terdengar audio secara langsung. 

Penguna juga bisa menyorot (blok) teks yang ingin dibacakan secara otomatis, responsive voice akan mengubahnya menjadi audio yang dapat langsung didengarkan oleh pengguna.



Ka. Biro Humas, Kerjasama, dan Promosi ITP menjelaskan pada halaman website fitur Widget accessibility berada di pojok kanan atas, klik icon disabilitas maka akan muncul berbagai macam fitur kustomisasi tampilan layar. Pengguna dapat mengurangi ketegangan mata dengan memanfaatkan fitur kontras, yang membuat konten lebih mudah dibaca sesuai kebutuhan pengguna.



Kemudian fitur kejenuhan dapat digunakan untuk mengubah tampilan warna dengan mengurangi, menambah dan meniadakan saturasi, selanjutnya pengguna juga dapat melakukan kustomisasi pada teks diantaranya mengubah ukuran teks, spasi, tinggi baris, serta perataan teks. Selanjutnya pengguna khususnya penyandang disleksia dapat mengubah font menjadi sederhana dan mudah dibaca.



Selanjutnya terdapat berbagai pilihan menu aksesibilitas lainnya sesuai dengan kebutuhan pengguna saat membaca, seperti menandai tautan link, memperbesar ukuran teks dan kursor, menambahkan garis bantu baca, dan lain sebagainya.



“ITP sangat bersemangat dan berkomitmen untuk menginvestasikan fasilitas ramah difabel, selain itu penting juga membangun ekosistem yang inklusif antara individu dan komunitas akademik. Hal ini meneguhkan ITP sebagai perguruan tinggi yang mendukung program-program pemerintah uang berlandaskan pada nilai-nilai kemanusiaan ,” tegas ia.


Selamat Hari Braille Sedunia!!!!

Created By Widia/Humas