Berita / Akademik /
Prodi Teknik Geodesi ITP Gelar Kuliah Tamu Mengupas Pentingnya Informasi Geospasial di Abad ke 21 bersama Pakar dari ITB
Humas | 30 Mei 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Dalam rangka implementasi jalinan kerja sama antara Institut Teknologi Padang dan Institut Teknologi Bandung, Prodi Teknik Geodesi ITP menyelenggarakan Kuliah Tamu yang bertajuk “Peran Teknik Geodesi dan Geomatika dalam penelitian dan pendidikan tinggi di Indonesia, pada Kamis (30/05) bertempat di Aula Gedung D ITP. Pelaksanaan Kuliah Tamu ini merupakan bagian dari rangkaian Hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) yang diraih oleh Prodi Teknik Geodesi ITP.

Dalam sambutannya, Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, S.T., M.T, IPM mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran para narasumber ke ITP. Beliau juga berpesan agar mahasiswa Teknik Geodesi ITP memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu dari para pakar guna meningkat wawasan akademik, terutama di bidang teknologi geospasial.


“Pelaksanaan Kuliah Tamu ini bertujuan mengasah pemahaman akademik mahasiswa di bidang geospasial. Sebagaimana kita ketahui bersama perkembangan teknologi informasi geospasial sangat pesat dalam beberapa kurun waktu terakhir, sehingga penting bagi mahasiswa untuk memperkuat pengetahuan akademik dan softskill nya agar bisa berdaya saing di dunia profesional ,” ujar ia.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa data geospasial merupakan salah satu elemen penting dalam mencapai pembangunan berkelanjutan. Sehingga, talenta Teknik Geodesi yang terampil sangat dibutuhkan untuk menyajikan data informasi geospasial yang akurat, valid, dan terkini.

“Dalam kurun waktu 22 tahun sebagai salah satu Prodi termuda di ITP, Prodi Teknik Geodesi ITP telah mengukir berbagai prestasi yang membanggakan. Yang terbaru, Prodi Teknik Geodesi ITP berhasil lulus Tahun Kedua pada Hibah Pendanaan PKKM dari Kemendikbud Ristekdikti RI. Harapannya mahasiswa dapat meningkatkan potensi diri melalui program magang industri dan Student Exchange ,” ungkap Rektor.


Acara dilanjutkan dengan serah terima dokumen kerja sama dari Rektor ITP kepada Dr. Ir. Dina Anggreni Sarsito, S.T., M.Si selaku perwakilan dari Teknik Geodesi dan Geomatika ITB. Kemudian dilakukan penyerahan cinderamata antara kedua belah pihak.

Selanjutnya, acara memasuki agenda utama yaitu penyampaian materi oleh narasumber yang merupakan dosen dan pakar dari Teknik Geodesi dan Geomatika ITB. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Ir. Dina Anggreni Sarsito, S.T., M.Si, beliau menjelaskan tentang pengaruh gerakan tektonik terhadap struktur bumi.


Gerakan tektonik adalah proses gerakan kerak bumi yang menyebabkan tinggi rendahnya permukaan bumi. Gerakan tektonik bisa mempengaruhi permukaan bumi karena gerakan tersebut menimbulkan retakan, lipatan, lekukan, dan patahan.

“Gerakan tektonik secara konvergen dapat menimbulkan dampak-dampak pada permukaan bumi, diantaranya ialah terbentuknya palung samudera, terbentuknya gunung berapi, dan lain-lain. Hal ini berpengaruh pada penampakan permukaan bumi yang lebih dinamis ,” jelas ia.


Materi kedua dilanjutkan oleh Brian Bramanto, Ph.D, dimana ia menjelaskan tentang Konsep dan Aplikasi Gaya Berat dalam bidang kebumian. Pada awal penyampaiannya, ia menjelaskan tentang tiga pilar Geodesi, yaitu Penentuan Posisi, Gaya Berat (Geoid), dan Variasi terhadap Waktu.

Dalam paparannya, ia menuturkan Gaya Berat (Geoid) adalah resultan dari gaya gravitasi Bumi dan gaya sentrifugal. Geoid adalah bidang ekipotensial yang paling berhimpit dengan MSL (Mean Sea Level). Geoid menggantikan MSL sebagai datum vertikal karena MSL dipengaruhi oleh faktor lokal seperti pengaruh meteorologi, oseanografi, hidrologi, dan astronomik.


Dalam acara yang dipandu oleh salah seorang dosen Teknik Geodesi ITP, Ilham Armi, M.T dilanjutkan dengan diskusi interaktif antara mahasiswa dengan narasumber. Mahasiswa terlihat sangat antusias dalam menerima, menimba, dan menabung ilmu dari kedua narasumber.

Harapan melalui Kuliah Tamu ini mahasiswa dapat memperdalam pengetahuan mereka mengenai struktur muka bumi dan konsep Gaya Berat. Selain itu, Kuliah Tamu ini juga mendorong mahasiswa untuk meningkatkan wawasannya tentang teknologi informasi data geospasial terkini.


Created By Widia/Humas