Berita / Akademik /
Dukung Pemberdayaan Masyarakat, Prodi D4 TRKBG ITP Sosialisasikan Rancang Struktur Bangunan Musholla Nurul Iman Padang
Humas | 12 Juli 2024
Foto : Tim Dokumentasi Prodi TRKBG ITP

Kembali berkontribusi, Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung (TRKBG) Institut Teknologi Padang kini berpartisipasi dalam isu strategis yang ada ditengah masyarakat. Menyasar Kelurahan Bungo Pasang, Tim Pengabdian Masyarakat Prodi D4 TRKBG ITP menggelar pelayanan dan penyuluhan yaitu perancangan struktur bangunan Musholla Nurul Iman pada Jum’at (12/07).

Ketua Pengabdian Masyarakat (Abmas) Prodi D4 TRKBG ITP, Fajar Nugroho, M.T. menjelaskan kegiatan Abmas ini bertujuan untuk memberikan informasi strategis terkait perencanaan pembangunan mushalla, melalui penyusunan rancangan struktur bangunan yang nantinya akan menjadi pedoman bagi pelaksanaan kegiatan pembangunan Musholla Nurul Iman.


Pada kegiatan kali ini, tim Abmas Prodi D4 TRKBG ITP menyampaikan presentasi tentang gambar kerja perancangan struktur bangunan Musholla Nurul Iman, yang merupakan luaran program Abmas kepada para masyarakat.

“Sebagai akademisi kami berperan dalam memberikan bantuan informasi dan pendampingan perancangan struktur bangunan musholla, guna menghasilkan desain perencanaan dan perancangan struktur bangunan yang memiliki nilai arsitektur dan kekuatan struktur sesuai dengan standarisasi yang berlaku ,” tutur ia.


Beliau melanjutkan, dalam sesi sosialisasi tim Abmas Prodi D4 TRKBG ITP menyampaikan berbagai informasi tentang analisa arsitektur, analisa struktur bangunan, dan rancangan anggaran biaya pembangunan. Selain itu, tim juga mengungkapkan faktor yang perlu diperhitungkan guna mencapai kenyamanan yang optimum bagi pengguna bangunan.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Vokasi yang telah dilaksanakan sejak 2023. Sebelumnya tim Abmas Prodi D4 TRKBG ITP telah melakukan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan pimpinan kelurahan, pengurus musholla, warga, dan akademisi.


“Sebagai ruang publik dengan sistem pembangunan swakelola, tentu perlu penyamaan persepsi dari berbagai elemen terkait pembangunan musholla. Sehingga, dengan adanya perencanaan ini diharapkan pelaksanaan pembangunan musholla dapat berjalan sesuai harapan, baik dari sisi kualitas dan ketepatan waktu, dengan memperhatikan ketersediaan anggaran ,” ujar ia.

Kegiatan Abmas Prodi D4 TRKBG ITP dihadiri oleh Dekan Fakultas Vokasi ITP, Mulyati, M.T., Ketua Prodi D4 TRKBG ITP, Misbah, M.T., seluruh dosen dan beberapa perwakilan mahasiswa Prodi D4 TRKBG ITP. Tim Abmas diterima oleh pengurus musholla Nurul Iman dan warga setempat.

Masyarakat sekitar, khususnya pengurus musholla Nurul Iman merespon positif kegiatan ini dengan memberikan berbagai saran dan arahan mengenai rancangan struktur bangunan Musholla Nurul Iman. Bukan hanya itu, masyarakat bermaksud untuk dapat merealisasikannya ke dalam pembangunan secara bertahap sebagai bentuk upaya tindak lanjut dari kegiatan Abmas Prodi D4 TRKBG ITP.

 

Created By Widia/Humas