Berita / Akademik /
Menyalakan Asa, Alumnus ITP Putra Nagari Maritim di Ufuk Barat Indonesia yang Sukses Raih Beasiswa S2 LPDP di Australia
Humas | 20 Agustus 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Terlahir dari latar belakang keluarga sederhana dan perekonomian pas-pasan tak menyurutkan langkah pemuda asal Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat untuk mengenyam pendidikan hingga ke Negeri Kangguru. Meski tidak mudah, Agustiawan berhasil lulus dan di Wisuda dari The University of Western Australia pada Juli 2024 lalu.

Agustiawan yang kerap disapa Agus adalah sosok pemuda yang gigih dan pekerja keras, perjuangan yang dihadapkan dengan berbagai kesulitan tidak membuatnya putus asa untuk terus berjuang. Hingga akhirnya ia sukses menyelesaikan studi S2 Master of Environmental Science, specialisation in Marine and Coastal Management, dari The University of Western Australia.

Keberhasilan ini turut membanggakan orang tua, keluarga, dan sivitas akademika Institut Teknologi Padang yang merupakan tempat Agus menempuh Pendidikan Sarjana. Kisah perjuangan Agus mematahkan stigma jika anak kampung dengan kondisi perekonomian terbatas sulit untuk kuliah.

Nyatanya dengan tekad kuat dan semangat yang tak pernah redup, ia berhasil lulus dari salah satu perguruan tinggi terkemuka Australia melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

“Saya ingin mengubah paradigma bahwa anak daerah juga bisa berkuliah, juga bisa berprestasi, dan membanggakan. Tidak ada perbedaan antara kita dan orang lain, karena dengan kegigihan, keuletan, dan kerja keras anak-anak daerah juga bisa berkontribusi di tengah-tengah masyarakat ,” tegas ia.

Mari menilik kisah Agus ketika memulai mimpinya dari ITP, berkat nilai dan prestasinya Agus direkomendasi menjadi salah satu penerima beasiswa bidikmisi. Selama berkuliah di Program Studi Teknik Mesin ITP, Agus merupakan salah satu mahasiswa yang terbilang aktif, ia dipercaya sebagai asisten dosen alm. Ir. Edison, M.T., dan menjadi asisten di Laboratorium Teknik Mesin ITP.

“Alhamdulillah berkat program beasiswa bidikmisi saya bisa menggapai mimpi yang saya cita-citakan, mungkin jika tanpa beasiswa bidikmisi saya tidak akan bisa melanjutkan pendidikan. Saya juga berterima kasih kepada ITP yang telah memberikan ruang bagi saya untuk mengeksplor potensi diri ,” ungkap ia.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Prof. Dr. Ir M. Yahya, M.Sc dan Firmansyah David, Ph.D. yang telah memberikan surat rekomendasi hingga membantunya bisa melanjutkan studi ke luar negeri.


Agus yang lahir dan besar di pesisir pantai barat, Sumatera Barat selalu bermimpi untuk menempuh pendidikan di luar negeri, terutama negara belanda. Usai menyelesaikan pendidikan di ITP, Agus mengikuti program beasiswa teaching clinic di Youth English Camp. Berbekal informasi dari teman, Agus mencoba mendaftar pada beasiswa LPDP Tahun 2019 dan dinyatakan lulus pada tahun 2020 pada program Afirmasi LPDP Daerah 3T.

Usai dinyatakan lulus, ia memulai kelas pengayaan Bahasa selama 6 bulan untuk persiapan pendaftaran perguruan tinggi di luar negeri. Perjalanan ini pun tidak mudah untuk dilalui, ia harus mengubur mimpinya untuk melanjutkan studi ke benua Eropa, hingga dengan mempertimbangkan berbagai hal, Juli 2022 ia memutuskan untuk melanjutkan studi di Master of Environmental Science, The University of Western Australia.

Di masa lalu ketika masih tinggal di Nagari Air Bangis, Pasaman Barat, Agus remaja mulai bekerja sebagai nelayan untuk membantu biaya pendidikannya. Hal ini membuat ia senang dan dekat dengan laut, sehingga melihat kondisi laut yang sudah tercemar dengan berbagai polusi mendorong ia untuk melakukan fokus penelitian tentang polusi mikroplastik di lautan.

Agus berhasil menyelesaikan studi magisternya dengan mengangkat judul thesis "Drivers of Plastic Polymers Accumulation on Western Australia's South Coast" di bawah bimbingan Dr. Peter Speldewinde dan Dr. Harriet Paterson. Ia menjelaskan penelitian ini mengkaji tentang faktor yang mempengaruhi variasi mikroplastik di lautan.

Ia menjelaskan potensi bahaya mikroplastik telah menjadi ancaman lintas batas yang serius terhadap ekosistem alam dan kesehatan manusia. Melalui riset ini ia ingin memberikan edukasi dan wawasan agar masyarakat Indonesia secara umum dan masyarakat Sumbar khususnya lebih memperhatikan bahaya polusi mikroplastik di lautan.

Menurutnya inovasi riset ini dapat menjadi langkah strategis dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) yang sedang digalakkan di seluruh dunia. Inovasi riset merupakan wujud dari pilar ke-14 SDGs 2030, yaitu melestarikan dan menggunakan secara berkelanjutan lautan, laut, dan sumber daya kelautan untuk pembangunan berkelanjutan.

Putra kebanggan Air Bangis ini bertekad akan kembali mengabdi membangun Nagarinya yang kaya akan Sumber Daya Alam perikanan lewat riset penelitian, terkait evaluasi resiko mikroplastik dan rancangan strategi mitigasi ancaman polusi mikroplastik dilautan bersama para pakar lingkungan.

Dalam laman linkedIn pribadinya Agus mengutip kalimat motivasi dari Najwa Shihab yaitu “Hanya pendidikan yang akan menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan”. Agus membuktikan bahwa pendidikan merupakan eskalator kehidupan, pendidikan mengantarkan pemuda dari dusun kecil di Nagari Bangis, menjadi pakar di bidang Environmental Science.

 

Created By Widia/Humas